Pages

Friday, September 30, 2011

Bisnis Franchise HopHop Bubble Drink

Hophop Bubble Drink
           
          Ketika berbicara tentang minuman, pasti rata-rata setiap orang langsung membayangkan tentang segelas air yang berisi batu es yang bercampur dengan berbagai macam rasa dan warna. Apalagi didukung dengan cuaca di luar yang panas terik yang membuat dahaga pun tidak bisa bertahan tanpa air. Pada era globalisasi ini, di Indonesia sudah sangat mudah mendapatkan makanan dan minuman dimana-mana, itu didukung dengan sudah banyak berkembangnya bisnis Franchise. Dari bisnis franchise kecil-kecilan sampai bisnis yang lumayan besar modalnya. Dari sedikit cerita di atas, di sini saya mencoba menganalisa bisnis franchise yang lumayan besar omset-nya yaitu HopHop Bubble Drink. Saya akan menganalisa dari segi produk yang ditawarkan dan marketing untuk penjualan secara langsung serta menganalisa dari segi website yang ada.
      Seperti kita ketahui, minuman HopHop Bubble Drink sudah banyak dijual dimana-mana khususnya di dalam mal. Bisnis franchise ini pun bisa dibilang berkembang karena banyak orang dari anak kecil, abg, dewasa sampai orangtua pun menyukai minuman ini. Bisa kita lihat outlet HopHop Bubble Drink ini sudah menghiasi berbagai macam mal yang ada di Indonesia, seperti Mal Kelapa Gading, Metropolitan Mal, Taman Anggrek dan banyak lagi lainnya.
Menurut analisa saya dari segi produk yang ditawarkan sudah sangat memuaskan karena minuman HopHop ini menawarkan berbagai macam rasa seperti strawberry, cappucino, chocolate dan lain-lain, yang membuat orang tidak bosan mencoba rasa yang ditawarkan dan harga yang relatif murah yaitu Rp. 15.000, ditambah bubble-bubble yang membuat minuman ini berbeda dari bisnis franchise minuman lainnya. Untuk segi marketing penjualannya secara langsung, menurut saya sudah baik dengan bentuk outlet yang menarik berwarna merah yang membuat perhatian banyak orang. Tidak sedikit pula di berbagai outlet penjualnya menawarkan secara langsung mencari pembeli berjalan di daerah sekitar outletnya. Bagi saya, itu yang menjadikan nilai ‘plus’ dari bisnis minuman HopHop ini dibandingkan bisnis minuman lainnya.
Untuk analisa saya dari segi website HopHop kurang begitu menarik dan terlihat monoton. Seperti gambar tampilan home dari website-nya dibawah ini.


           Pada tampilan website diatas kurang menarik si pembaca karena bentuk tampilan masih yang lama belum menggunakan animasi flash yang berguna untuk menayangkan newsupdate berita terkini dari HopHop itu sendiri. Dari segi isi sudah cukup baik walaupun masih ada kekurangannya seperti infomasi “tentang” dari HopHop itu sendiri tidak dicantumkan dan tidak dijelaskan minuman rasa apa saja yang tersedia. Tetapi untuk interaksi antara member dan pengelola sudah bagus karena di situs tersebut sangat menonjolkan interaksi member yang memberikan komentar-komentar atas event ataupun hal lainnya yang disediakan HopHop tersebut. Untuk perpaduan warna pada website tersebut ada yang sedikit kurang berkenan di bagian pembuatan account di situs tersebut, seperti gambar dibawah ini.

 
           Seharusnya tulisan yang digunakan pada pembuatan account tersebut menggunakan warna yang cerah seperti putih atau merah agar terlihat jelas, bukannya warna gelap yang hampir sama dengan warna backgroundnya. Tetapi overall sudah cukup bagus dari segi website-nya.

1 comment:

  1. sebuah bisnis minuman yang bisa jadi favorit kita..
    nice share

    ReplyDelete